Membuat Long Shadow ala Material Design dengan Corel Draw


Prodeku - Semenjak munculnya android lollipop yang menggunakan desain material tentunya menjadikan trending topic di kalangan desainer, baik itu desainer photoshop maupun desainer corel draw. Kenapa demikian? menurut saya sendiri, material design terlihat sederhana namun elegan. Iya gak sih?

Untuk ciri-ciri dari material design itu sendiri dapat dilihat dari warnanya yang cerah dan terdapat bayangan yang memanjang atau biasa disebut long shadow. Dalam pemilihan warna yang pas, anda dapat memilihnya pada Google Color. Sedangkan untuk pembuatan long shadow sangat sederhana atau bisa dibilang mudah, lebih jelasnya ikuti tutorial berikut ini.

Tutorial Long Shadow

1. Untuk langkah pertama, siapkan sebuah bentuk dasar yang akan kita buat efek long shadow. Disini saya menggunakan Rectangle Tool dan Text Tool.


2. Kemudian, buka menu Extrude: Effects > Extrude. Seleksi tulisan yang akan kita buat efek > Klik Edit pada jendela Extrude. Maka akan terlihat garis bantu berupa garis putus-putus, pilih Back Parallel > Geser tanda X yang ada pada garis bantu > Klik Apply.


3. Maka akan terlihat efek Extrude pada tulisan tersebut. Kemudian, kita akan memisahkan tulisan dari efek Extrude dengan menggunakan Break Apart: Object > Break Extrude Group Apart ( CTRL + K ). Setelah terpisah, anda dapat klik sembarang tempat terlebih dahulu untuk menghilangkan blok. Kemudian blok efek Extrude dan Background: tekan CTRL + klik efek Extrude + klik Background Rectangle. Jika sudah anda blok, silahkan potong dengan menggunakan Intersect: Object > Shaping > Intersect.


4. Maka akan terdapat titik hitam ( node ) yang mengelilingi background. Hapus efek Ectrude yang berada diluar background dengan cara tekan del.


5. Jika sudah, kembali ke hasil potongan dengan Intersect tadi. Klik Edit Fill > ubah warna menjadi sedikit gelap. Lihat hasilnya, apakah sudah seperti cover artikel ini?


Mudah bukan? sebenernya sih mudah, cuma yang jelasin tutorialnya aja yang buat bingung. hehe.. Buat anda yang masih bingung, dapat mempelajari nya dengan melihat video dibawah ini.


Demikian untuk tutorial cara membuat long shadow ala material design dengan corel draw. Terus ikuti tutorial lainnya hanya di Prodeku. Selamat Mencoba!

1 Komentar untuk "Membuat Long Shadow ala Material Design dengan Corel Draw"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel