Cara Membuat Sitelinks Blog di Hasil Pencarian Google


Prodeku - Mungkin kalian pernah menjumpai sebuah tampilan unik pada saat menelusuri sebuah blog di mesin pencarin Google. Tampilan unik tersebut dinamakan "Sitelinks" yang memiliki ciri dimana terdapat beberapa artikel yang tersusun menjorong ke dalam bersamaan dengan blog yang sedang kita cari. Disini saya mengambil contoh sitelinks milik Prodeku.web.id.

Contoh sitelinks

Apa itu Sitelinks?

Sitelinks merupakan sebuah hasil pencarian yang besifat unik dengan karakteristik yang berbeda-beda. Biasanya sitelinks akan muncul apabila anda mencarinya dengan keyword nama situs itu sendiri. Misalnya sitelinks situs ini, untuk melihatnya anda dapat menelusur dengan keyword "Prodeku" di pencarian Google.

Ada beberapa jenis dalam penampilan sitelinks. Ada yang hanya dua kolom, empat kolom, enam kolom, bahkan ada yang hingga delapan kolom. Untuk situs yang terbilang baru, biasanya jumlah sitelinks akan berubah-ubah, kadang berkurang dan bertambah. Jika tidak ingin sitelinks berkurang, usahakan untuk rajin dalam mengupdate artikel.

Secara alamiah, Google memberikan sitelinks pada situs tertentu karena beberapa hal, diantaranya karena artikel pada blog tersebut memiliki reputasi yang baik, bisa juga karena blog/situs tersebut sering menjadi keyword di mesin pencarian.

Bagaimana Cara Membuat Sitelinks?

Apabila situs anda belum mendapatkan hadiah sitelinks secara langsung dari Google, anda tidak perlu khawatir, karena sitelinks tersebut dapat dibuat oleh anda sendiri dengan syarat sudah terdaftar di Google Webmaster. Caranya sangat mudah, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  1. Silahkan login ke Google Webmaster Tools.
  2. Pilih blog yang ingin anda berikan sitelinks (blog harus sudah terverifikasi).
  3. Pada bagian Dashboard, pilih Tab Search Apprearance > Sitelinks.
  4. Kemudian anda akan disuguhkan 2 kolom (kotak isian) oleh Goole. Pada kolom pertama silahkan anda kosongkan saja apabila halaman homepage yang ingin anda tampilkan. Sementara di kolom kedua merupakan lokasi dimana anda memasukkan halaman yang ingin ditampilkan pada sitelinks. Silahkan masukkan URL yang ingin ditampilkan kedalam kolom tesebut. Kemudian klik Demote. Anda bisa mensubmit beberapa URL pada sitelinks.
  5. Jika sudah, sekarang anda hanya perlu menunggu hingga Google memprosesnya. Proses ini memerlukan waktu yang berbeda-beda. Ada yang hanya sehari, seminggu, bahkan sebulan. Semua tergantung kebijakan dari pihak Google.
Namun, untuk mempercepat dalam proses pembuatan sitelinks, ada baiknya untuk rajin menelusuri nama situs anda menggunakan mesin pencarian google.

Demikian artikel tentang cara membuat sitelinks blog di hasil pencarian google. Apabila ada pertanyaan, tanyakan saja pada form komentar di bawah ini. Selamat mencoba!

2 Komentar untuk "Cara Membuat Sitelinks Blog di Hasil Pencarian Google"

  1. sudah saya terapkan mas tetapi udah seminggu blog saya blom uncul ya sitelinks nya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sperti yang saya jelaskan diatas mas, sering2 buka websitenya melalui pencarian google untuk mempercepat proses sitelinks

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel