Membuat Kotak Konfirmasi saat Keluar Program pada Visual Basic 6


Prodeku - ketika menutup sebuah program, mungkin kalian pernah melihat sebuah popup atau kotak dialog yang berisikan sebuah pesan konfirmasi. Tentunya, pesan konfirmasi keluar dalam sebuah program memiliki fungsi tersendiri.

Fungsi itu sendiri misalnya, saat sedang menginput data pada program, kita tidak sengaja mengklik tombol "Exit" sedangkan data tersebut belum tersimpan, maka dibuatlah pesan konfirmasi "Apakah anda ingin menutup program ini?". membantu bukan? maka sesuai judul, kali ini saya akan membagikan tutorial membuat kotak dialog konfirmasi saat keluar dari program yang di buat pada visual basic 6. Yuk, ikuti tutorial dibawah ini.

Exit Button dengan Kotak Dialog

Langkah Pertama, Silahkan anda buat sebuah CommandButton pada form yang ada pada vb6. Misalnya akan saya buat seperti dibawah ini.

Desain Button
Jika sudah, kemudian ketikan kode dibawah ini pada form tersebut.

Private Sub Command1_Click()
If MsgBox("Apakah anda ingin keluar?", vbQuestion + vbYesNo, "Peringatan") = vbYes Then
Unload Me
End If
End Sub

Penjelasan: Kode yang telah saya beri warna merah merupakan kalimat pertanyaan ketika tombol keluar ditekan. Sedangkan tombol yang berwarna biru merupakan Judul dari kotak dialog tersebut. Silahkan anda ganti tulisan yang telah saya beri warna sesuai selera anda.

Demikian tutorial dialogbox yang telah saya bagikan, terus ikuti tutorial-tutorial lainnya hanya di Prodeku. Selamat Mencoba! :)

Belum ada Komentar untuk "Membuat Kotak Konfirmasi saat Keluar Program pada Visual Basic 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel