2 Cara Menambahkan List Item pada ComboBox di Visual Basic 6


Prodeku - Saat menginput data dalam suatu program biasa nya kita menemukan sebuah kotak yang berisi suatu pilihan. Baik itu dalam pilihan jenis kelamin ataupun tanggal kelahiran. Kotak pilihan tersebut dinamakan ComboBox.

Dalam penggunaan combobox pada program visual basic, kita dapat menambahkan data-data atau biasa disebut List item yang nantinya akan ditampilkan pada combobox. Dalam penambahan List Item pun ada beberapa macam cara yang dapat kita gunakan, yaitu dengan melalui Properties Window ataupun dengan menggunakan code.

Sesuai pembahasan kali ini, saya akan memberikan tutorial dalam menambahkan data atau list item pada combobox di visual basic 6. Yuk, ikuti tutorial dibawah ini.

Langkah Awal

Seperti biasa, untuk langkah awal siapkan sebuah form dengan menambahkan combobox. Kurang lebih seperti ini.

Desain Form

Menggunakan Properties Window

Untuk cara pertama, kita akan menggunakan jendela properti, silahkan anda klik combobox yang telah anda buat, kemudian klik list yang ada pada properties window. Silahkan input data yang ingin anda tambahkan pada combobox.

List

Menggunakan Code

Cara kedua mari kita gunakan kode, silahkan ketik kode berikut ini pada lembar kerja anda.

Private Sub Form_Load()
Combo1.Text = ""
Combo1.AddItem ("Buku")
Combo1.AddItem ("Pulpen")
Combo1.AddItem ("Pensil")
Combo1.AddItem ("Penghapus")
End Sub

Penjelasan: untuk yang saya beri warna biru merupakan kode untuk mengosongkan data saat program dijalankan, sehingga tulisan "Combo1" menghilang. Sedangkan yang berwarna merah merupakan data atau list item yang akan ditampilkan, silahkan anda ganti ataupun tambahkan sesuka anda.

Jika sudah, silahkan anda jalankan program tersebut. Berhasil kah?

Demikian tutorial menambahkan list item pada combobox di visual basic 6. Terus ikuti tutorial lainnya hanya di Prodeku. Selamat Mencoba! 

2 Komentar untuk "2 Cara Menambahkan List Item pada ComboBox di Visual Basic 6"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel